28 Maret 2017

Cara Melihat Harga Karet Sicom

Fluktuasi harga karet yang sangat fleksibel layaknya sifat karet itu sendiri, membuat para pelaku industri karet sangat was-was. Harga karet yang sangat rendah selama periode kurang lebih 4 tahun terakhir benar-benar memukul para petani karet. Kenaikan harga yang sempat terjadi selama beberapa bulan menjadi secercah harapan baru bagi para petani. Namun beberapa hari ini trend harga karet yang turun kembali menjadi hantu yang sosoknya sangat menakutkan. Oleh karena itu para petani dan pelaku karet masih harap-harap cemas dengan komoditas ini. Informasi perkembangan harga karet juga terus dicermati untuk antisipasi langkah dan kebijakan yang diambil ke depan.

Karetpedia telah mencoba menghadirkan informasi harga karet yang diupdate secara rutin dan manual setiap hari. Informasi ini sederhana namun cukup berarti bagi para petani dan pedagang karet. Informasi harga karet sebenarnya tidak sulit untuk didapat, apalagi di era terbuka dan internet yang murah saat ini. Dengan melihat di situs SGX dan juga di Tocom, info harga karet dengan mudah dapat diketahui setiap hari, bahkan setiap waktu. Berikut ini disajikan cara melihat info harga karet Sicom, jadi update rutin harga karet setiap hari bisa dilihat sendiri di SGX:

1. Buka link http://www.sgx.com/wps/portal/sgxweb/home/marketinfo/derivatives/delayed_prices/futures

2. Klik commodities di bagian kanan (nomer 1)


3. Klik tanda panah bagian contract (nomer 2)
4. Pilih / sorot Sicom TSR 20 rubber futures, kedua paling bawah (nomer 3), ini akan memperlihatkan list harga karet untuk TSR 20 (SIR 20).

5. Akan muncul tabel seperti berikut
Ada keterangan masing-masing kolom, diantaranya yg ditandai nomer 4 adalah bulan kontrak, nomer 5 adalah harga karet penutupan hari ini (penutupan bursa biasanya jam 7 malam wib), nomer 6 adalah harga penutupan hari sebelumnya. Satuan harga US cent per kg.

Yang biasanya dijadikan pedoman oleh pabrik adalah kontrak bulan terdekat, contoh untuk sekarang adalah kontrak bulan april 17. Harga notering pabrik untuk hari ini biasanya diambil dari harga penutupan hari sebelumnya dan dikurangi biaya olah pabrik masing-masing. Mungkin ada juga pabrik yang mengambil harga karet saat transaksi sebagai dasar. Misalnya pas karetnya masuk pabrik jam 10 pagi, kemudian lihat harga saat itu, dan itulah yang dijadikan dasar, tentunya setelah dikurangi ongkos olah pabrik. Yang perlu diperhatikan juga adalah bahwa angka2 di tabel itu berubah setiap waktu tertentu, ukuran menit. Jadi kalau ada yang nge-bid minta karet, maka akan ada perubahan harga di tabel itu. Bisa dilihat di kolom bid, last, open dan seterusnya. 

Jadi untuk harga penutupan (DSP) hari Senin 27 Maret 2017 adalah 181.5 US cent per kg, sedangkan harga pembukaan (Open) pagi adalah 183.0 dan harga penutupan sebelumnya, Jumat minggu lalu (Prev. Day DSP) 189.7. Harga penutupan hari ini dijadikan dasar transaksi oleh pabrik untuk harga hari Selasa 28 Maret. Jadi harga karet Selasa adalah 181.5 US cent per kg, kalau dijadikan dalam rupiah tentu harus dikalikan dengan kurs dollar. Karena kurs juga berubah setiap menit, maka untuk mudahnya diambil kurs saat update (mungkin idealnya kurs tengah). Jadi 1.815 USD x Rp 13.297 = Rp 24.134 (harga karet sicom dalam rupiah). Untuk harga notering dan harga petani dibuat asumsi-asumsi dan perkiraan tertentu.

Demikian cara melihat harga karet Sicom di SGX. Semoga membantu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon